Tuesday, November 23, 2010

Bahaya Rokok - Bagaimana Mengatasinya Secara Alami

Rokok
Oleh : dr. Zen Djaja, M.D.
Saat ini rokok telah membunuh 4,9 juta orang (data tahun 2000), dan di perkirakan menjadi 9,8 juta pada tahun 2020 nanti, artinya orang yang mati akibat rokok mencapai sekitar 350.000/bulan, Rokok 211.666/hari, 486/jam, dan 8 orang tiap menitnya.  Data tersebut di atas menunjukan kalau “Rokok” menempatkan dirinya sebagaipembunuh nomor 1, melebihi daripada “Kematian” akibat kasus penyakit AIDS, Over dosis narkoba, berbagai Kasus kecelakaan – pembunuhan dan – bunuh diri.Sedangkan asap rokok sendiri memiliki kandungan racun yang lebih dahsyat dan berbahaya dibandingkan emisi gas buangan yang berasal dari kendaraan bermotor pada umumnya.  Perokok di Indonesia saat ini sebesar 159,4 juta jiwa itu berarti mencapai sekitar 69% penduduk, yang terdiri dari 69.04% pria dan 4,83% wanita.
Mengapa Rokok Itu Berbahaya :
Alasannya dari sudut KESEHATAN

Rokok3Kalau kita simak bersama gambar analisis kandungan Rokok berikut ini, maka nampak jelas bahwa terdapat sejumlah senyawa yang semuanya berbahaya (merupakan racun) bagi kelangsungan hidup manusia.  Namun masih banyak manusia menganggap sepele hal ini dengan mengatakan kalau merokok itu mendatangkan “Kenikmatan”.Rokok 4
Dibandingkan dengan Narkoba (jenis kokain dan morfin), maka “Nikotin” merupakan senyawa yang memiliki tingkat kecanduan (adiksi) 5 sampai 10 kali lebih kuat, selain itu juga menimbulkan efek psiko-aktif pada manusia.
Beban yang di timbulkan akibat Rokok diantaranya adalah menurunnya tingkat produktivitas, meningkatnya bebanEkonomi – Sosial – Kesehatan yang mana tidak jarang diakhiri dengan kematian dini.
Asap Rokok yang memiliki kandungan racun lebih tinggi, menyebabkan penghirup asap rokok (= perokok pasif) memiliki resiko gangguan kesehatan yang juga lebih tinggi dari pada Perokok itu sendiri. Resiko inilah yang dimiliki oleh lingkungan, seperti anak-isteri, rekan sekerja/seruangan dan seterusnya.
Mengapa Rokok Itu Berbahaya :
Alasannya dari sudut
 SOSIO-EKONOMI

Uang yang harus disisihkan untuk membeli rokok, dalam 1 hari sebanyak Rp.10.000,= maka dalam 1 minggu menjadi Rp.70.000,=. Dalam 1 bulan adalah Rp.300.000,= dan selama satu tahun sudah mengeluarkan uang sejumlah Rp.3.600.000,= 5 tahun berikutnya uang yang harus disisihkan adalah sejumlah Rp.18.000.000,= dan tanpa disadari, 20 tahun kemudian uang yang sudah dikeluarkan adalah sejumlah Rp.72.000.000,= (Tujuh puluh dua juta rupiah). Nilai tersebut adalah satu nilai “Investasi” dan ketika mulai merokok diusia 20 tahun, sesungguhnya uang yang terhambur setelah mencapai usia 40 tahun sudah dapat dijadikan modal untuk berwira-usaha, kalau sebelumnya siperokok tadi adalah hanya seorang pekerja/karyawan yang bekerja untuk orang lain. Selain itu yang diperolehnya adalah “Resiko” terkena penyakit Degenerasi, (baca artikel tentang Penyakit Degenerasi), yang membawanya pada suatukeadaan kesusahan karena terjadinya hambatan pada fungsi organ tubuh akibat racun Rokok yang diterimanya selama bertahun tahun lamanya. Lalu apakah kita masih berpendapat kalau “Rokok itu membawa Kenikmatan” ?
Mari Berhenti Merokok Sekarang Juga
Demi kesehatan diri sendiri, agar supaya terhindar dari berbagai penyakit, meningkatkan derajat kesehatan, hidup yang lebih berkualitas dan terbebas dari ketergantungan Rokok, melindungi keluarga dan orang di sekitar, supaya tidak terkena akibat buruk dari asap rokok.
Berhenti Merokok Hanya Bisa Dilakukan Dengan Niat Dari Dalam Diri Perokok SendiriTidak Ada Kata “Tidak Bisa”.
Rokok - Tips Berhenti Merokok3
Menurut data yang yang diperoleh, dari 70% Perokok yang berhenti merokok, 5% -10% yang mampu melakukannya tanpa bantuan, keberhasilan sulit tercapai jika tidak ada keinginan yang kuat. Dukungan dari keluarga serta Motivasi yang kuat merupakan dasar dari keberhasilan.
Rokok Tabel3
Dukungan Alami Dengan Cara Mengkonsumsi Makanan Kesehatan/Supplement
Perlunya Pendukung bagi Perokok untuk berhenti merokok adalah untuk menekan angka kematian yang di sebabkan oleh rokok, hal mana membutuhkan solusi terapi terpadu yang intensif dengan kemudahan akses memperoleh “Dukungan” tersebut.
Peranan Makanan Kesehatan-Supplement DII sebagai PENDUKUNG, yaitu antara lain dengan mengkonsumsi Produk-produknya yaitu :
  1. Milk Thistle
  2. Ganoderma plus
  3. Grape Seed
Milk Thistle :
Atau dikenal dengan Silymarin, merupakan tumbuhan dengan kandungan aktif   Flavonoid. Flavonoid dalam Milk Thistle adalah : silybin, silydianin, dan silychristin. Secara bersama-sama, ketiga flavonoid ini disebut sebagai Silymarin. Oleh karena itu, orang sering menyebut milk thistle dengan Silymarin.Rokok - Struktur Kimia Silymarin3
Formula C25H22O10, Silymarin atau Silibinin mempunyai peranan sebagai Anti-oksidan, yaitu melindungi aksi Radikal-bebas yang berbahaya dan merusak sel organ tubuh, (baca artikel tentang peranan Anti-oksidan dan bahayanya Radikal-bebas).
Silymarin melindungi hati dengan merangsang perbaikan sel-sel hati yang rusak. Dengan menghambat pembentukan peroxidation, silymarin membantu mengurangi atau melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh alkohol, jamur beracun, obat-obatan, dan berbagai racun lainnya termasuk senyawa Rokok.
Jika anda mau mencoba membeli ekstrak Milk Thistle, maka yang penting adalah, pastikan standarisasi dari proses ekstraksi dan perusahaan yang telah memiliki Good standard Manufacturing Processes(GMP) serta perhatikan dosis yang dianjurkan.
Setiap butir Milk Thistle dari DII mengandung 100mg ekstrak Silymarin yang berarti kebutuhannya untuk pencegahan dan perlindungan adalah antara 200 – 300 mg. berarti 2 – 3 butirMilk Thistle per hari, diberikan 3 kali, 1 butir.
Rokok - Supplemen Anti Rokok
Cara mengkonsumsinya : adalah bersama-sama pada saat makan.
Dengan menambahkan Ganoderma Plus dan Grape Seed, akan mempercepat proses Netralisasi racun Rokok di dalam tubuh, dan manfaatnya selain sel terlindungi dari kerusakan yang lebih dalam, juga membantu menghilangkan ketergantungan Rokok itu dengan lebih cepat.
Dukungan Dari Sudut Sosio-Ekonomi,
Pemerintah dapat menaikkan “Cukai Rokok” setinggi tingginya. Di Dunia Barat, seperti Eropah dan Amerika, Cukai Rokok sangat tinggi. Di Inggris misalnya, harga 1 bungkus rokok dapat mencapai 5 dollar lebih, yaitu sekitar Rp. 50.000,=  sedangkan Cukai Rokok di Indonesia tercatat paling murah di dunia yaitu belum mencapai 1 dollar (kurang dari Rp.10.000,= per bungkus). Sebaliknya Cukai atau Pajak untuk makanan kesehatan – supplement seyogyanya dapat direndahkan, dengan demikian maka masyarakat akan memilih mengkonsumsi makanan kesehatan – supplement yang menyehatkan ketimbang merokok yang akan membuatnya menjadi ber-Penyakit. 

0 comments: